Abstract:
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMA Muhammadiyah 02
Medan menunjukkan bahwa siswa kelas XI Reguler 3 masih kurang mampu
memahami materi perbandingan trigonometri, terdapat beberapa masalah yang
dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika diantaranya yaitu dalam proses
pembelajaran masih banyak guru yang tidak menggunakan media pembelajaran.Hal
ini menyebabkan siswa cenderung kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
Salah satu media pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif adalah
media pembelajaran permainan LoGo. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengembangkan media pembelajaran LoGo terhadap hasil belajar
siswa dan respon siswa pada materi perbandingan trigonometri. Rancangan
penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model
ADDIE.Teknik pengumpulan data menggunakan validasi, teknik observasi,
pemberian tes berbentuk pilihan berganda dan adanya angket. Hasil persentase
validasi yang dilakukan validator yaitu 90% oleh ahli materi dan 80,5% oleh ahli
media dengan kriteria sangat baik atau sangat valid. Hasil belajar siswa setelah
menggunakan media pembelajaran permainan LoGo memperoleh n-gain antara 0,5
1 dengan kriteria sedang dan tinggi. Angket respon siswa terhadap media
pembelajaran permainan LoGo dengan persentase yang diperoleh 90,53% di mana
media ini dikategorikan sangat praktis.