Abstract:
Dalam konteks pembelajaran, minat membaca memegang peranan penting dalam pengembangan literasi
dan prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan penguasaan
konten dengan menggunakan video animasi untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di
Sekolah Dasar Sri Aman Suska School, Satun Thailand. Metode penelitian yang digunakan adalah
ekperimen dengan jenis pre-eksperimental melalui pendekatan kuantitatif, peneliti menggunakan 18
siswa sebagai sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan
kemampuan literasi dan numerasi siswa setelah diberikan layanan Penguasaan Konten, maka dapat
disimpulkan bahwa layanan Penguasaan Konten efektif untuk meningkatkan Kemampuan Literasi dan
Numerasi siswa dalam belajar. Pada uji wilcoxon diketahui nilai Sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05
menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pre-test dengan post- test, ini menunjukkan
terdapat pengaruh terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada saat pretest dan posttest. Integrasi
teknologi dalam pembelajaran ini berkontribusi pada peningkatan hasil belajar dan
keterampilan berpikir kritis siswa