Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruha strategi Index Card Match
(ICM) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep
matematika siswa kelas XI di SMA YPK Medan. Penelitian dilaksanakan di SMA
YPK Medan dengan sampel 35 siswa, 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan.
Analisis data dilakukan menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian
menunjukkankemampuan pemecahan masalah sebelum penerapan ICM
mempunyai nilai rata-rata 42,86 dan setelah penerapan ICM meningkat menjadi
75,00. Untuk pemahaman konsep, nilai rata-rata sebelum aplikasi ICM ialah 56,25
dan setelahnya meningkat menjadi 81,61. Uji hipotesis menggunakan paired
sample t-test menunjukkan nilai sig (2-tailed) untuk kemampuan pemecahan
masalah sebesar 0,000 dana untuk pemahaman konsep sebesara 0,000. Disimpulkan
bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari strategi ICM terhadap kemampuan
pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematika siswa SMA YPK Medan
di Kelas XI.