dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana peran guru Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sebagai evaluator dalam meningkatkan
disiplin belajar siswa di SMP Muhammdiyah 24 Aek Kanopan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam
penelitian ini adalah guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) serta
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan tiga alur tahap kegiatan yaitu reduksi
data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan peran
guru dalam mengembangkan sikap disiplin siswa dalam proses pembelajaran pada
siswa SMP meliputi menasehati siswa, keteladanan dalam berperilaku, memberikan
hukuman jika bersalah, memberikan penghargaan (hadiah) jika berprestasi, serta
melakukan kerjasama guru dengan orang tua sudah baikHasil dari penelitian ini dalam
meningkatkan disiplin belajar siswa, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
(PPKn) sebagai evaluator melakukan evaluasi pembelajaran secara terus-menerus
untuk melihat keberhasilan siswa dalam belajar dan dapat meningkatkan disiplin
belajar siswa apabila dari hasil evaluasi belajar siswa belum menunjukan keberhasilan.
Guru PPKn sebagai evaluator, mereka membandingkan kemampuan siswa dalam
menjawab pertanyaan dan berperan dalamkerja samakelompok. ebagai evaluator guru
PPKn secara berkelanjutan menilai perkembangan moral siswa dengan menggunakan
berbagai metode penilaian. Namun demikian, terdapat beberapa faktor penghambat
dalam pelaksanaan peranan guru PPKn dalam membentuk kecerdasan moral siswa.
Pertama, kedisiplinan siswa yang belum mencapai tingkat optimal dapat berdampak
pada efektivitas peranan guru dalam proses pembelajaran PPKn. Kedua, terdapat
keterbatasan dalam komunikasi antara orang tua dan sekolah, yang mengakibatkan
peran guru tidak dapat berjalan dengan maksimal. Dalam kesimpulannya, peran Guru
PPKn memiliki kontribusi yang sangat penting dalam meningkatkan kecerdasan moral
siswaSelain itu, guru PPKn juga berperan dalam mengembangkan keterampilan
membimbing diskusikelompok kecil, mengatur pelajaran, dan menjaga tata tertib
sekolah |
en_US |