Abstract:
Permasalahan terkait kurangnya kesiapan belajar siswa yang sering terjadi
disekolah. Siswa seringkali mengalami permasalahan dalam kesiapan belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Bimbingan Kelompok
Melalui Teknik Self Regulation Learning Untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar
Siswa Kelas X SMA Swasta Budi Agung Medan. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi terdiri dari 2 kali pertemuan melalui
pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X yang berjumlah
258 siswa SMA Swasta Budi Agung Medan, dan objek berjumlah 8 siswa yang
berada pada kelas X Jendral Sudirman. Penggunaan instrumen dalam penelitian
ini berupa pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kesiapan belajar pertemuan pertama sebelum berikan
layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulation learning terdapat
siswa masi kurang pada kesiapan belajarnya, seperti bercerita saat guru
menerangkan bahkan masi ada siswa yang mengerjakan tugas rumah (pr)
disekolah setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self
regulation learning kepada siswa setelah pertemuan pertama dan kedua kesiapan
belajar siswa sangat meningkat dengan terbuktinya dari hasil observasi dan
wawancara berbeda hasil sebelum dan sesudah sehingga terlihat peningkatan
dalam kesiapan belajar siswa.