dc.description.abstract |
Lembar Kerja Peserta didik ( LKPD ) merupakan salah satu sumber belajar yang
dapat dikembangkan oleh guru sebagai fasilitator dalam membantu kegiatan
belajar mengajar dengan tujuan memudahkan guru dalam melaksanakan
pembelajaran sehingga pembelajaran tersebut menjadi efektif. Penggunaan bahan
ajar beruapa LKPD ini guna meningkatkan minat belajar peserta didik dan
kemampuan pemahaman dalam belajar matematika. Peneltian ini bertujuan
mengetahui kelayakan LKPD Matematika Berbasis Etnomatematika Kearifan
Lokal Tradisional Budaya Batak untuk siswa SMP kela VIII pada meteri bangun
ruang (prisma segiempat, limas segiempat, kerucut dan bola). Model penelitian
yang digunakan ialah model 4-d yaitu tahap define, tahap design, tahap develop,
tahap dissiminate. Subjek penelitian ini adalah SMP Muhammdiayah 57 Medan
dengan menggunakan kelompok skala kecil dikelas VIII A sebanyak 20 orang.
Instrument yang dgunakan berupa penilaian angket ahli media, penilaian angket
ahli materi, dan angket respon peserta didik. Bahan LKPD Berbasis
Etnomatematika ini dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak untuk
digunakan kepada para peserta didik sebgai media pembelajaran. Kelayakan
LKPD ini dilihat berdasarkan hasil validasi ahli media dan materi mencapai
kategori kriteria sangat layak dengan nilai 91,81% untuk ahli media, 92,7% untuk
ahli materi. Sedangkan menurut respon peserta didik perolehan nilai 93,5%
dengan kriteria penilaian sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar
pembelajaran gunak menarik minat belajar peserta didik. |
en_US |