Abstract:
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
desain produk terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui dan menganalisis
electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui dan
menganalisis citra merek terhadap keputusan pembelian, Untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh desain produk, electronic word of mouth dan citra merek
terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di kecamatan Medan Timur.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif.
Populasi dalam penelitian adalah masyarakat Medan Timur pengguna smartphone
samsung, sedangkan sampel yang memenuhi kriteria penarikan observasi
sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus lemeshow. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuesioner. Teknik analisis data
dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, regresi berganda, uji t dan uji
F, dan koefisien determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan
program software SPSS versi 29. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara
parsial diketahui bahwa desain produk tidak berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian. Electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian. Citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian. Dan desain produk, electronic word of mouth dan citra merek
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.