Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan keterampilan komunikasi siswa
pada kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan
bimbingan kelompok dengan konselor sebaya. Untuk mengetahui perbedaan
keterampilan komunikasi siswa pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah
diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan konselor sebaya dan
untuk mengetahui perbedaan keterampilan komunikasi siswa pada kelompok
eksperimen setelah diberikan perlakuan bimbingan kelompok dengan konselor
sebaya, dengan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan layanan bimbingan
kelompok. Penelitian ini menggunakan pendektan kualitatis dengan 6 orang
responden. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang positif dan
signifikan tentang keterampilan komunikasi siswa pada kelompok eksperimen
sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan
konselor sebaya. Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan tentang
keterampilan komunikasi siswa pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah
diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan konselor sebaya.
Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan keterampilan komunikasi siswa
pada kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan bimbingan kelompok
dengan konselor sebaya, dengan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan
layanan bimbingan kelompok.