DSpace Repository

EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI YAYASAN TAHFIDZUL QUR’AN AL-FAWWAZ

Show simple item record

dc.contributor.author AZMI, NURUL
dc.date.accessioned 2024-11-13T01:56:41Z
dc.date.available 2024-11-13T01:56:41Z
dc.date.issued 2024-08-29
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26104
dc.description.abstract Evaluasi program perlu dilakukan dalam rangka pengendalian mutu, menjaga program agar berjalan dan dilaksanakan dengan standar yang telah ada atauditetapkan. Dilakukan dengan menyeluruh, transparan dan sistematik. Penelitian inibertujuan untuk mengevaluasi Context, input, process, product program tahfidz di Yayasan Tahfidzul Qur’an Al-Fawwas Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan model evaluasi teori Stufflebeam yaitu CIPP (Context, input, process, product). Teknikpengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan studidokumentasi. teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa: Pertama, hasil evaluasi dari ContextProgram tahfidz Al-Qur’an di Yayasan Tahfidzul Qur’an Al-Fawwas Medan yangingin mencapai visi dan misi yayasan sudah mencapai tujuan tersebut. Penyelenggaraan dan prosedur program sudah berjalan dengan baik dan juga Yayasan mampu memperbaiki dan menambah apa saja untuk kelangsunganprogram tahfidz agar lebih baik lagi. Kedua, hasil evaluasi input program tahfidz Al-Qur’an diketahui bahwa kemampuan Mudir, guru dan siswa memilikikemampuan membaca dan menghafal yang baik, kemampuan Yayasan dalammenyediakan fasilitas, metode juga pengelolaan dana sudah mencapai tujuan. Komponen input pada program tahfidz di Yayasan Tahfidzul Qur’an Al-FawwasMedan sudah cukup baik walaupun masih perlu kualifikasi yang ditetapkan Yayasan harus ditingkatkan lagi. Ketiga, Hasil evaluasi Process program tahfidzAl-Qur’an menunjukkan bahwa pembelajaran tahfidz berjalan lancar sesuai denganyang direncanakan. Metode yang digunakan yaitu tiqrar, dan yang menjadi kendala dalam pelaksanaan program yaitu kurangnya penetapan waktu pembelajaran dankurangnya guru yang ada di Yayasan. Keempat, hasil evaluasi product/Hasilmenunjukan bahwa pencapaian target hafalan santri berjalan sesuai target, Yayasanakan mengadakan ujian ulang bagi santri yang belum lulus dan bagi santri yang sudah lulus akan ikut dalam menjadi peserta dalam acara wisuda di Yayasan. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Evaluasi Program en_US
dc.subject Tahfidz Al-Qur’an en_US
dc.subject Model CIPP en_US
dc.title EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI YAYASAN TAHFIDZUL QUR’AN AL-FAWWAZ en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account