DSpace Repository

Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Blangkejeren

Show simple item record

dc.contributor.author Ariga, Agustina
dc.date.accessioned 2020-03-14T06:12:10Z
dc.date.available 2020-03-14T06:12:10Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2606
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Negeri 2 Blangkejeren di Kelas X SMK Akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran aktif terhadap hasil belajar akuntansi siswa pokok bahasan jurnal umum siswa kelas X SMK Negeri 2 Blangkejeren Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Blangkejeren yang beralamat di Jalan Blangkejeren No. 115/53 B Blangkejeren. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas X AK yang terdiri dari satu kelas yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah seluruh kelas X AK yang berjumlah 30 orang sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk uraian yang berjumlah 10 item yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil analisis data pre-test diperoleh mean 47,9 dan standar deviasi 7,07. Sedangkan untuk data post-test mean 85,1 dan standar deviasi 7,93. Penelitian menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil belajar dan menggunakan uji F untuk mengetahui homogenitas data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan dk = N-1 pada α=0,05. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 15,18 >1,699, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran aktif terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 2 Blangkejeren Tahun Ajaran 2017/2018 en_US
dc.subject Pembelajaran Aktif en_US
dc.subject Hasil Belajar Akuntansi Siswa en_US
dc.title Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Blangkejeren en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account