Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan
terhadap Pengembangan LKPD Berbasis RME Untuk
pe l
Meningkatkan Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Madrasah Aliyah
Muhammdiyah 01 Medan. Adapun subjek dalam penelitian adalah sekelompok
kecil dari siswa kelas XI Di Madrasah Aliyah Muhammdiyah 01 Medan yang
berjumlah 28 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah bahan ajar berupa E
LKPD berbasis RME pada pokok bahasan SPLDV. Model pengembangan
modul yang digunakan dalam penelitian ini adalah mode l
l ADDIE yang terdiri
dari analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (develop),
implementasi (implementation), dan eveluasi (evaluation). LKPD yang telah
dibuat memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator yang
ditunjukkan dengan menggunakan lembar validasi oleh ahli materi dan ahli
media. Hasil validasi ahli media memperoleh skor 35 dengan kategori sangat
valid, dan hasil validasi ahli materi mencapai skor 35 dengan kategori sangat
valid. Aspek kepraktisan dinilai berdasarkan lembar angket respon siswa
memperoleh persentase nilai keseluruhan angket yaitu 85,53%., dan aspek
keefektifan memenuhi (1) ke l
tuntasan be l
lajar siswa se l
cara klasikal yaitu
minimal 85% siswa yang me l
ngikuti pe l
mbe l
lajaran mampu me l
ncapai skor
minimal 75,(2) ke l
te l
rcapaian tujuan pe l
mbe l
lajaran 75%, dan (3) waktu
lajaran. Hasil belajar diukur dengan menggunakan pre test dan post test.
mbe l
Hasil belajar peserta didik meningkat, yaitu 19 orang memperoleh hasil kriteria
tinggi (g > 0,7) dan 9 orang siswa memperoleh hasil kriteria sedang (g < 0,7