Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk E-LKPD Interaktif
Berbantuan QR Code Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan
prosedur penelitian 4-D (four-D), yaitu tahap pendefenisian (define), tahap
perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran
(disseminate). Subjek penelitian ini terdiri dari 3 validator yaitu validator ahli
materi dan validator ahli media, yang terdiri dari 2 orang dosen matematika dan 1
guru matematika. Selain itu penelitian juga dilakukan kepada 22 orang peserta
didik kelas VIII MTs Al Fauzi Cinta Rakyat. Hasil penelitian ini : 1) Peneliti telah
menghasilkan E-LKPD interaktif berbantuan QR Code pada materi sistem
persamaan linear dua variabel; 2) Hasil penilaian E-LKPD dari ahli materi sebesar
96% dengan kategori sangat valid dan hasil penilaian E-LKPD dari ahli media
sebesar 91% dengan kategori sangat valid; 3) Hasil uji coba penilaian melalui
angket respon peserta didik memperoleh rata-rata persentase 93,95% dengan
kategori sangat positif. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi, ahli media,
dan respon peserta didik, maka produk E-LKPD yang dikembangkan valid dan
layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika