Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk video animasi
berbantuan powtoon sebagai upaya meningkatkan minat belajar untuk siswa
kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia dan untuk mengetahui kevalidan,
kepraktisan, dan kelayakan dari video animasi berbantuan powtoon.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D)
dengan menggunakan model pengembangan 4- D Model yaitu, define,
design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan di SMP PAB 2
Helvetia. Instrumen penelitian yang digunakan peneliti untuk mengetahui
kevalidan video animasi yaitu lembar validasi, angket respon peserta didik
dan lembar soal. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui kevalidan
video animasi sedangkan lembar angket respon siswa digunakan untuk
mengetahui kepraktisan video animasi dan lembar soal peserta didik
digunakan untuk mengetahui keefektifan dari video animasi berbantuan
powtoon.
Hasil penelitian ini menunjukkan kevalidan video animasi sebesar 100%
dengan kategori sangat valid dan kepraktisan video animasi sebesar 98,80%
dengan kategori sangat praktis. Kemudian minat belajar siswa mengalami
perubahan dari hasil uji praktikalitas yaitu 22 orang memperoleh hasil
kriteria artinya video animasi efektif untuk digunakan. Sehingga video
animasi berbantuan powtoon yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat
dikatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan minat belajar
siswa.