Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika
menggunakan Articulate Storyline untuk siswa SMP kelas VIII pada materi
operasi aljabar dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran
menggunakan Articulate Storyline untuk siswa SMP kelas VIII pada pembelajaran
operasi aljabar. Model pengembangan yang digunakan adalah model
pengembangan ADDIE yang dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu tahap analisis,
perancangan, dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa MTSS Al
Hidayah Adolina kelas VIII-B dengan menggunakan skala kecil sebanyak 15
orang siswa. Instrument penelitian yang digunakan adlah angket media
pembelajran yang terdiri dari angket ahli media, angket ahli materi, angket guru,
dan angket respon siswa. Media pembelajaran matematika menggunakan
Articulate Storyline materi operasi aljabar yang dikembangkan sudah memenuhi
kriteria layak untuk siswa SMP Kelas VIII. Kelayakan terlihat dari hasil penelitian
validator, dimana dari hasil penelitian media oleh ahli diperoleh nilai 92,5%
dengan kategori sangat layak, ahli materi 95,4% dengan kategori sangat layak,
sedangkan angket guru diperoleh 93,75% dengan kategori sangat layak, dan
angket respon siswa di peroleh 85,8% dengan kategori sangat menarik