dc.description.abstract |
Jenis penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development
(R&D). Produk ini dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE (analysis,
desaign, development, implementation, and evaluation). Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan modul ajar dengan kearifan lokal
Sumatera Utara serta mengetahui respon siswa terhadap ketertarikan pada modul
ajar dengan kearifan lokal Sumatera Utara yang dikembangkan. Penelitian ini
mengembangkan modul ajar dengan kearifan lokal Sumatera Utara pada materi
bangun ruang sisi datar. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP
Istiqlal Delitua yang terdiri dari 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
modul ajar berbasis kearifan lokal Sumatera Utara memiliki tingkat sangat valid
yang ditunjukkan dengan menggunakan lembar validasi ahli materi dan ahli media.
Hasil validasi ahli materi mencapai skor rata-rata 83,3% dan hasil validasi oleh ahli
media mencapai skor 89,3%. Aspek kemenarikan siswa berdasarkan hasil respon
siswa dengan skor 81% yang termasuk kedalam kategori sangat menarik |
en_US |