DSpace Repository

IMPLEMENTASI METODE PRESENTASI EKSTEMPORE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI SMP IT LUQMANUL HAKIM

Show simple item record

dc.contributor.author ANISA, FADILLAH
dc.date.accessioned 2024-11-08T02:33:25Z
dc.date.available 2024-11-08T02:33:25Z
dc.date.issued 2024-10-18
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25942
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode presentasi ekstempore dalam peningkatan kreativitas siswa pada mata pelajaran Fikih di SMP IT Luqmanul Hakim. Penelitian ini dibuat berdasarkan problematika dalam pemilihan metode pembelajaran yang monoton, sehingga metode presentasi ekstempore ini dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang menyenangkan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi langsung ke lokasi penelitian, wawancara kepala sekolah dan guru, dan dokumentasi penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu Model Miles and Huberman. Kemudian penelitian ini menggunakan keabsahan data berupa kepercayaan (creadibility), keteralihan (transferability), dan kepastian (confirmability). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa metode presentasi ekstempore merupakan salah satu metode pembelajaran yang cukup efektif untuk dapat meningkatkan keaktifan siswa di dalam kelas, mengembangkan kreativitas siswa, melatih rasa percaya diri, dan meningkatkan gaya bahasa dalam menyampaikan suatu informasi. en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Metode Presentasi Ekstempore en_US
dc.subject Pembelajaran Fiqih en_US
dc.title IMPLEMENTASI METODE PRESENTASI EKSTEMPORE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI SMP IT LUQMANUL HAKIM en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account