DSpace Repository

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PEMANTAPAN KARIR STUDI LANJUT SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author ANNA, MARDIA RITONGA
dc.date.accessioned 2024-11-08T01:54:43Z
dc.date.available 2024-11-08T01:54:43Z
dc.date.issued 2024-07-31
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25932
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap pemantapan karir studi lanjut siswa kelas XII SMA Sekolah Indonesia Davao-Filipina. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 17 siswa dengan menggunakan teknik sosiodrama. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemantapan karir studi lanjut siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 39,94 meningkat menjadi 81,00 pada posttest. Hasil uji wilcoxon menunjukkan nilai Z -3,622 dan sig. 0,000 (p<0,05) yang berarti terdapat pengaruh signifikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap pemantapan karir studi lanjut siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk memantapkan karir studi lanjut siswa kelas XII SMA Sekolah Indonesia Davao-Filipina en_US
dc.subject Teknik Sosiodrama en_US
dc.subject Persiapan Karir Siswa en_US
dc.title EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PEMANTAPAN KARIR STUDI LANJUT SISWA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account