Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar buku saku digital
pada materi penyajian data yang valid dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian pengembangan dan menggunakan prosedur penelitian 4-D (four-D),
yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap
pengembangan (development) dan tahap penyebaran (dessiminate) yang
kemudian dimodifikasi sampai tahap 3-D. Hasil penelitian ini: 1) penelitian telah
menghasilkan bahan ajar buku saku digital pada materi penyajian data melalui
pendekatan konteksual dengan menggunakan aplikasi flip pdf corporate; 2) hasil
penilaian bahan ajar buku saku digital dari ahli materi dengan presentase nilai
82,5% dengan kategori sangat layak, dan penilaian bahan ajar buku saku digitalS
dari ahli media dengan presentase 77,5% dengan kategori layak; 3) hasil uji coba
penilaian pada kelas VIII-3 melalui angket respon peserta didik dengan rata-rata
presentase 84,25% dengan kategori sangat efektif. Dari hasil penilaian ahli materi,
ahli media dan respon peserta didik, maka bahan ajar buku saku digital pada
materi penyajian data yang dikembangkan layak dan efektif digunakan sebagai
bahan ajar oleh peserta didik