Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program merdeka belajar
kampus merdeka terhadap peningkatan soft skill mahasiswa FKIP UMSU. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif karena objek yang akan diteliti
diwujudkan dalam bentuk angka dan dianalisis berdasarkan analisis statistik. Sempel
dalam penelitian ini sebanyak 97 orang mahasiswa FKIP UMSU.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh program merdeka belajar
kampus merdeka terhadap peningkatan soft skill mahasiswa FKIP UMSU, hal tersebut
dapat ditunjukkan dari diperolehnya nilai Fhitung 12,620 dengan tingkat signifikansi
sebesar 0,001 < 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa adanya pengaruh variabel Program
MBKM (X) dengan variabel Peningkatan Soft Skill (Y). Sedangkan dari hasil uji
koefisien determinasi diperoleh dari pengolahan data tersebut bahwa, nilai koefisien (R
Square) sebesar 0,117 atau 11,7% dipengaruhi oleh peningkatan soft skill dan
signifikan terhadap program MBKM mahasiswa FKIP UMSU, sedangkan sisanya
88,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti