Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media audio visual berbasis
masalah kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa untuk kelas VIII
SMP Swasta Istiqlal DeliTua dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan dari media audio visual. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
Research & Development (R&D) dengam menggunakan model pengembangan
ADDIE yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation.
Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Istiqlal DeliTua. Instrumen penelitian yang
digunakan peneliti untuk mengetahui kevalidan media yaitu lembar validasi, angket
respon peserta didik dan lembar soal. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui
kevalidan media sedangkan lembar angket respon siswa digunakan untuk mengetahui
kepraktisan media dan lembar soal peserta didik digunakan untuk mengetahui
keefektifan dari media audio visual. Hasil penelitian ini menunjukkan kevalidan media
sebesar 90,2% dengan kategori sangat valid dan kepraktisan media sebesar 89%
dengan kategori sangat praktis. Kemudian pemahaman konsep siswa mengalami
perubahan dari hasil uji pretest dan posttest yaitu 16 orang memperoleh hasil kriteria
sedang (g < 0,7) dan 3 orang siswa memperoleh hasil kriteria tinggi (g > 0,7) artinya
media audio visual efektif untuk digunakan. Sehingga media audio visual berbasis
masalah kontekstual yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat dikatakan valid,
praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa