Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar dan untuk mengetahui
kelayakan hasil pengembangan elektronik modul (e-modul) berbasis aplikasi flip
book pdf corporate edition pada Materi Matriks untuk Meningkatkan Pemahaman
Konsep Siswa di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berdasarkan penilaiaan ahli
materi, ahli media dan respon siswa. Sampel pada penelitian ini ialah siswa SMK
Negeri 1 Percut Sei Tuan.yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian dan pengembangan (Research and development). Model
pengembangan pada penelitian ini menggunakan model ADDIE yang telah
dimodifikasi menjadi 3 tahap, yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Desaign),
dan Pengembangan (Development). Instrument penelitian yang digunakan yaitu
validasi ahli materi dan validasi ahli media. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu wawancara dan angket. Hasil penelitian ini berupa modul ajar
elektronik modul (e- modul) berbasis aplikasi flip book pdf corporate edition pada
Materi Matriks untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di SMK Negeri 1
Percut Sei Tuan yang layak digunakan. Kelayakan diperoleh dari validasi ahli
materi dan validasi ahli media menyatakan layak dengan skor rata - rata penilaian
ahli materi 4,4 dan skor rata – rata penilaian ahli media 4,5. Respon siswa
terhadap bahan ajar yang dikembangkan memiliki skor rata – rata penilaian 4,7.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul ajar elektronik modul (e-modul)
berbasis aplikasi flip book pdf corporate edition pada Materi Matriks untuk
Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan layak
digunakan sebagai modul ajar dalam proses pembelajaran.