Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rating, promosi, dan
metode pembayaran terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa pada TikTok
Shop. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif asosiatif.
Populasi yang digunakan adalah mahasiswa dari 4 Perguruan Tinggi di Medan.
Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan proporsional.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dengan menggunakan kuesioner. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa secara parsial rating berpengaruh positif signifikan
terhadap keputusan pembelian mahasiswa pada TikTok Shop. Promosi secara parsial
berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa pada
TikTok Shop. Metode Pembelian secara parsial berpengaruh positif signifikan
terhadap keputusan pembelian mahasiswa pada TikTok Shop. Rating, promosi, dan
metode pembayaran secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap
keputusan pembelian mahasiswa pada TikTok Shop. Uji Determinasi menunjukkan
hasil sebesar 0,596 artinya rating, promosi, dan metode pembayaran berkontribusi
“sedang” terhadap keputusan pembelian sebesar 59,6% dari seluruh faktor yang
dapat berkontribusi terhadap keputusan pembelian mahasiswa pada TikTok Shop.