DSpace Repository

Implementasi Metode Bil Qolam Dalam Aktivitas Membaca Al-Qur’an Siswa SMP YPMA Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Rizki, Mhd
dc.date.accessioned 2024-10-22T09:53:59Z
dc.date.available 2024-10-22T09:53:59Z
dc.date.issued 2024-10-12
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25534
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode bil qolam dalam aktivitas membaca Al-Qur‟an siswa SMP YPMA Medan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya metode bil qolam yang dilakukan oleh guru Al Qur‟an di SMP YPMA Medan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan beberapa langkah yaitu, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (kesimpulan/verifikasi). Tekhnik keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian data dan analisis disimpulkan bahwa persiapan pembelajaran Al-Qur‟an dengan menggunakan metode bil qolam belum mengacu pada buku panduan bil qolam, pengelompokan kelas Al-Qur‟an di SMP YPMA Medan berdasarkan tingkatan kelas saja. Pada buku panduan bil qolam persiapan dilakukan dengan mengadakan placement tes atau pengelompokan kelas sesuai dengan kemampuan siswa. Pengelompokan kelas terbagi menjadi 2 yaitu kelas tahqiq, dan kelas tartil. Pada kelas tahqiq siswa harus melalui 4 tahap pembelajaran yang dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu kelompok jilid1, jilid 2, jilid 3, dan jilid 4. Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an di SMP YPMA tidak memiliki target bacaan bil qolam sesuai dengan panduan. Evaluasi yang dilakukan guru Al-Qur‟an belum menggunakan buku panduan bil qolam, di SMP YPMA Medan evaluasi yang dilakukan adalah penilaian harian, UTS, dan UAS. Sedangkan evaluasi pada buku panduan bil qolam penilaian terbagi menjadi penilaian harian, penilaian mingguan, dan kenaikan jilid. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject metode bil qolam en_US
dc.subject membaca Al-Qur‟an en_US
dc.title Implementasi Metode Bil Qolam Dalam Aktivitas Membaca Al-Qur’an Siswa SMP YPMA Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account