DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Scientific terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK di SMK Tarbiyah Islamiyah

Show simple item record

dc.contributor.author Rahayu, Yuliana
dc.date.accessioned 2020-03-12T03:09:30Z
dc.date.available 2020-03-12T03:09:30Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2550
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Tarbiyah Islamiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK di SMK Tarbiyah Islamiyah tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas XI AK yang terdiri dari satu kelas yang berjumlah 38 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah seluruh kelas XI AK yang berjumlah 38 orang sebagai sampel penelitian. Instrumen dalam penelitian menggunakan angket sebanyak 15 item dan tes tertulis sebanyak 10 soal. Teknik analisis data dilakukan dengan cara melakukan uji hipotesis, anlisis regresi liner sederhana, dan koefisien determinasi. Dari perhitungan diperoleh bahwa nilai thitung untuk variabel X sebesar 13,274. Untuk n = 38, diperloleh dk = n-2 = 38 – 2 = 36. Dengan α = 0,05, diperoleh ttabel = 1,688. Karena nilai thitung (13,274) > ttabel (1,688), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar. Dari perhitungan regresi linier sederhana diperoleh persamaan : Y = 41,878 + 0,773X. Ini menunjukan bahwa setiap peningkatan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan scientific 1%, maka akan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 77%. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,830 menujukan bahwa model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan scientific mempengaruhi hasil belajar akuntansi siswa sebesar 0,830 x 100% = 83%. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific en_US
dc.subject Hasil Belajar Akuntansi en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Scientific terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK di SMK Tarbiyah Islamiyah en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account