Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pada
pengaruh Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan, untuk mengetahui dan
menganalisis pada pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan,
serta mengetahui dan menganalisis pengaruh Citra Merek dan Kepuasan
Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada produk Scarlett Whitening. Untuk
populasi didalam penelitian ini adalah total keseluruhan dari mahasiswa/i Fakultas
Ekonomi & Bisnis UMSU stambuk 2020 berjumlah 667 orang, dimana
menentukan sampel penelitian ini dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak
87 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan didalam penelitian ini
yaitu dengan menyebar berupa angket/kuesioner. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan
koefisien determinasi. Pengolahan data yang digunakan adalah menggunakan
program aplikasi software SPSS (Statistical Product and Service Solutions) yang
bertujuan untuk menganalisis data bersifat kuantitatif. Hasil penelitian ini
menyatakan bahwa adanya pengaruh positif pada variable Citra Merek terhadap
variable Loyalitas Pelanggan, adanya pengaruh positif pada variable Kepuasan
Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan serta untuk pengujian secara simultan ini
menyatakan bahwa variable Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh
terhadap Loyalitas Pelanggan pada produk Scarlett Whitening di FEB UMSU
stambuk 2020.