DSpace Repository

PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS ETNOMATEMATIKA ISTANA LIMA LARAS PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII SMP YPK MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author NURHALIZA
dc.date.accessioned 2024-09-30T04:19:13Z
dc.date.available 2024-09-30T04:19:13Z
dc.date.issued 2024-08-21
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25250
dc.description.abstract Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan suatu produk Handout. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kevalidan handout pada materi bangun ruang, dan untuk mengkaji kepraktisan handout pada materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Tahapan analisis mencakup analisis kebetuhan peserta didik, analisis etnomatematika, dan analisis materi. Tahapan desain mencakup tahapan merancang produk. Tahapan pengembangan mencakup pengembangan desain produk dan hasil kevalidan dua para ahli. Tahapan implementasi yaitu tahaan melakukan uji coba ke sekolah. Hasil pengembangan yang dilakukan dengan penelitian para ahli yaitu validator ahli media 88% “sangat valid”, validator ahli materi 90% “sangat valid”. Pada kepraktisan pendidik yang diambil dari respon guru mendapatkan 80% “sangat praktis”. Guru bidang studi menyatakan Handout layak digunakan dengan revisi sesuai saran yang diberikan. Pada uji coba yang dilakukan pada kelas VIII SMP YPK Medan dengan jumah siswa 18 orang. Dari seluruh respon siswa mendapatkan 91% “sangat praktis”. en_US
dc.subject Etnomatematika en_US
dc.subject ADDIE en_US
dc.subject Validator en_US
dc.title PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS ETNOMATEMATIKA ISTANA LIMA LARAS PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII SMP YPK MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account