| dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah assemblr edu berpengaruh 
terhadap meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika Materi 
Bangun Ruang Sisi Datar SMP Swasta Budi Agung Medan. Populasi dalam 
penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Budi Agung Medan Tahun 
Pelajaran 2024/2025. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas VIII-1 berjumlah 
30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-2 berjumlah 31 siswa sebagai kelas 
eksperimen. Pada kelas kontrol menggunakan model konvensional sedangkan pada 
kelas eksperimen menggunakan aplikasi assemblr edu. Berdasarkan dari uji 
hipotesis menunjukkan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. 
Maka dari itu diperoleh keputusan tolak H0 dengan kesimpulan bahwa terdapat 
perbedaan yang signifikan pada data pre-test dan post-test kemampuan pemahaman 
siswa pada kelas kontrol. Hal ini berarti bahwa pada kelas kontrol mampu 
memberikan pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan kemampuan 
pemahaman siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh hasil uji koefisien 
determinasi diketahui bahwa nilai R Square sebesar 0,257 (25,7%), ini 
menunjukkan bahwa dengan menggunakan model regresi yang didapatkan dimana 
variabel independent yaitu aplikasi assemblr edu memiliki pengaruh terhadap 
variabel dependen kemampuan pemahaman konsep sebesar 25,7%. Artinya 
koefisien determinasi variabel bebas (X) memiliki pengaruh terhadap variabel 
terikat (Y). | en_US |