Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kemandirian dan
rendahnya hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Tarbiyah
Islamiyah Hamparan Perak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemandirian dan hasil belajar
siswa pada pokok bahasan jurnal khusus. Siswa kelas XI SMK Tarbiyah
Islamiyah Hamparan Perak Tahun Ajaran 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 38 orang. Tehnik pengambilan
sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling sehingga ditetapkan sampel
yang digunakan adalah kelas XI Akuntansi yang berjumlah 38 orang sebagai
sampel penelitian. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes tertulis
berbentuk lembar kerja siswa yang terdiri dari angket 18 item pre test 9 item dan
post test 9 item yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabiliitasnya.
Dari hasil analisis data angket diperoleh nilai rata-rata sebelum
menggunakan model pembelajaran Reciprcal Teaching 56,18, dan sesduah
menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching 59,55. pre test diperoleh
nilai rata-rata 71,05 dan standar deviasi 10,28. Sedangkan untuk data post test
nilai rata-rata 85,39 dan standar deviasi 10,28 dalam pengujian hipotesis
kemandirian belajar menunjukkan thitung4,88 dan bila dikonsultasikan dengan nilai
tabel “t” pada taraf signifikan 0,05, dengan db = N – 1 = 37 maka ttabel = 1,683.
Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel diperoleh (4,88>1,683),
sehingga Ha ditolak dan Ho diterima. Untuk pengujian hipotesis hasil belajar
menunjukkan thitung5,34 dan bila dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf
signifikan 0,05, dengan db= N-1 = 37 maka ttabel 1,683 dengan membandingkan
antara thitung dengan ttabel diperoleh (5,34>1,683), sehingga Ha ditolak dan Ho
diterima. sehingga kesimpulannya adalah “Ada Pengaruh Model Pembelajaran
Reciprocal Teaching Terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa di SMK
Swasta Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Ajaran 2016/2017”.