DSpace Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Ak SMK PAB 3 Medan Estate

Show simple item record

dc.contributor.author Wulandari, Wenny
dc.date.accessioned 2020-03-11T07:23:08Z
dc.date.available 2020-03-11T07:23:08Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2490
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar akuntansi yang masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa dimana hanya 43,33 % yang memperoleh nilai sesuai KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ) yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan apakah ada peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two stay Two Stray pada pokok bahasan Administrasi Kas Bank di kelas X Akuntansi SMK PAB 3 Medan Estate T.P 2016/2017.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Ak SMK PAB 3 Medan Estate yang berjumlah 30 orang siswa. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan(observasi), dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yang terdiri dari 5 item soal uraian dan observasi keaktifan siswa yang terdiri dari 8 aspek kegiatan. Dari hasil penelitian dapat diketahui hasil belajar tes awal (sebelum menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray) dari 30 siswa hanya 13 siswa yang mampu mencapai KKM yang telah ditentukan. Setelah penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray terjadi peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus I terdapat 16 siswa yang tuntas dan setelah siklus II menjadi 26 siswa yang tuntas, dengan perolehan tingkat ketuntasan klasikal 53% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Ini berarti siswa sudah mencapai nilai KKM yang diharapkan guru. Dengan demikian dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar akuntansi siswa pada pokok bahasan administrasi kas bank dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Kelas X Akuntansi SMK PAB 3 Medan Estate Tahun Ajaran 2016/2017 en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Tipe Two Stay Two Stray en_US
dc.subject Kooperatif en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Ak SMK PAB 3 Medan Estate en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account