DSpace Repository

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Togehter untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK PAB 3 Medan Estate

Show simple item record

dc.contributor.author Yusri, Citra Rada
dc.date.accessioned 2020-03-11T07:18:17Z
dc.date.available 2020-03-11T07:18:17Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2487
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana proses pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan dana kas kecil di SMK PAB 3 Medan Estate dengan model pembelajaran pembelajaran Numbered Heads Together, 2) Meningkatan keaktifan peserta didik dengan model pembelajaran Numbered Heads Together pada pembelajaran akuntansi dana kas kecil di SMK PAB 3 Medan Estate dan 3) Meningkatan hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran Numbered Heads Together pada akuntansi dana kas kecil di SMK PAB 3 Medan Estate. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada bulan Februari hingga bulan Maret 2017 di SMK PAB 3 Medan Estate. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X Ak SMK PAB 3 Medan Estate berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan dana kas kecil menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dalam pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan dana kas kecil meningkatkan keaktifan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 56,67% meningkat pada siklus ke II menjadi 80% dengan peningkatan keaktifan sebesar 23,33%. Model pembelajaran Numbered Heads Together dalam pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan dana kas kecil meningkatkan hasil belajar peserta didik, pada siklus I dari hasil belajar menunjukkan presentase ketuntasan peserta didik 53,33%. hasil belajar pada siklus II menunjukkan presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik 83,33 % dengan peningkatan keaktifan sebesar 30%. en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Keaktifan dan Hasil Belajar en_US
dc.subject Numbered Heads Together en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Togehter untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK PAB 3 Medan Estate en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account