DSpace Repository

POLA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BAGI PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMK NEGERI 2 TEBING TINGGI

Show simple item record

dc.contributor.author KETAREN, ASWINTA
dc.date.accessioned 2024-07-23T03:38:55Z
dc.date.available 2024-07-23T03:38:55Z
dc.date.issued 2024-03-21
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24869
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Pendidikan dan Pelatihan Bagi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi. Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data penyajian data, reduksi dan dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan Pola pelatihan dan pendidikan dalam meningkatkan kompetensi professional guru SMK Negeri 2 Tebing Tinggi Dengan adanya supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah guna melihat dan memberikan penilaian kepada guru secara formal. Kegiatan penyuluhan yang dilakukan untuk pendisiplinan guru dalam mengajar sehingga guru tidak terlambat mengaplikasi ilmu. Serta yang terakhir adalah kegiatan pertemuan kelompok yang merupakan solusi dalam perencanaan pola pelatihan dan pendidikan dalam peningkatan kompetensi guru profesional. diharapkan dengan Cara demikian akan terlaksananya musyawarah dengan guru lain untuk membahas tentang masalah atau kendala yang tengah dihadapi dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan pendidikan pelatihan merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas atau kualitas sumber daya manusia antara lain melalui proses pembelajaran di sekolah. Dalam hasil penelitian bahwa kegiatan pendidikan dan pelatihan di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi menerapkan model deduktif dan model klasik. Model pengenalan deduktif meliputi seminar dan diklat fungsional dan diklat teknis. Sedangkan pada model klasik di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi meliputi kegiatan penyuluhan, seminar dan pertemuan kelompok. dimana kegiatan ini merupakan suatu kelompok diskusikan dengan satu mata pelajaran ataupun dengan guru yang masuk ke dalam satu kelas dengan target yang ditentukan. Seminar kegiatan ini dilakukan untuk mengembangkan kompetensi secara keseluruhan dimana kegiatan ini memiliki tema dan tujuan akhir yang akan dicapai.Pada evaluasi dan tindak lanjut pola pelatihan dan pendidikan di SMK Negeri 2 Tebing melakukan penyuluhan yang dilakukan oleh kepala sekolah, adanya kegiatan pertemuan kelompok guru dengan materi yang berkaitan dengan kelas maupun siswa, Serta supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan dinas pendidikan terkait yang diawasi oleh seorang pengawas sekolah. Penilaian yang dilakukan adalah tata cara mengajar guru di dalam kelas maupun di luar kelas. Kegiatan supervisi dilakukan secara mandiri atau kelompok mata pelajaran. en_US
dc.subject Pola Pendidikan dan Pelatihan en_US
dc.subject pendidikan dan pelatihan en_US
dc.title POLA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BAGI PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMK NEGERI 2 TEBING TINGGI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account