DSpace Repository

BUDAYA POSITIF DALAM PENGEMBANGAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN

Show simple item record

dc.contributor.author DEWI BR. DEPARI, RISMA
dc.date.accessioned 2024-07-16T02:24:45Z
dc.date.available 2024-07-16T02:24:45Z
dc.date.issued 2024-05-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24859
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kinerja guru di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan; (2) budaya positif di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan; (3) strategi membangun, menumbuhkembangkan, menjaga keberlanjutan serta konsistensi pelaksanaan budaya positif; dan (4) bagaimana hubungan budaya positif dengan kinerja guru di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Subjek dan objek penelitian adalah kepala sekolah dan guru-guru di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Kinerja guru di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan dapat dikategorikan “baik”, hal ini ditunjukkan melalui kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai hasil pembelajaran, juga kemampuan dalam membimbing dan melatih peserta didik dan melaksanakan tugas tambahan yang diamanahkan oleh sekolah; (2) Budaya positif di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan telah nyata terimplementasi dengan baik, diantaranya adalah budaya merumuskan visi, misi dan tujuan sekolah secara bersama-sama, budaya berkolaborasi guru dalam mengembangkan dan melaksanakan kurikulum, budaya warga sekolah dalam berkomitmen dan konsisten dalam membangun komunikasi yang positif dan saling mendukung, budaya warga sekolah bersama-sama membangun narasi positif tentang sekolah dan juga para pemimpin dan tokoh sekolah, budaya tranparansi yang ditunjukkan oleh manajemen sekolah dalam membangun struktur organisasi serta komitmennya warga sekolah untuk melaksanakan struktur organisasi tersebut, budaya rutinitas positif yang dilakukan secara bersama-sama di sekolah, budaya kebersamaan dan kolaborasi guru dalam belajar dan merancang pembelajaran, serta budaya warga sekolah yang kerap membangun hubungan dan interaksi yang baik dengan para stakeholder sekolah; (3) SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan telah berupaya membangun dan menumbuhkembangkan budaya positif sekolah dengan berbagai strategi; dan (4) Budaya positif yang ditumbuhkembangkan di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan memberikan pengaruh positif pada meningkatnya kinerja guru. en_US
dc.subject Kinerja Guru en_US
dc.subject Budaya Positif en_US
dc.title BUDAYA POSITIF DALAM PENGEMBANGAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account