Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Program Literasi
Digital Alef Education diterapkan pada Guru Bahasa Arab di MIN 6 Asahan.
Penelitian ini dilakukan secara kualitatif menggunakan studi kasus. Sumber utama
penelitian ini adalah wawancara dengan guru atau guru bahasa arab di MIN 6
Asahan, baik secara langsung maupun secara online. Dalam aplikasi Alef
Education, observasi berarti bergabung atau bergabung langsung ke dalam grup
pembelajaran siswa. Metode analisis data melibatkan pengurangan terus menerus
dan penyusunan data menggunakan teknik data jenuh untuk mewawancarai
pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapa aplikasi alef education
pada guru bahasa arab di MIN 6 Asahan memberikan konstribusi positif terhadap
kemampuan pengajaran pada masa pandemi menggunakan beberapa fitur yang
ada pada aplikasi alef education, yaitu fitur yang dianggap mudah untuk di
jalankan, seperti fitur tugas, fitur kelompok,fitur permainan, fitur analitik, dan
quis. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pengembangan pendidikan bahasa
arab melalui integrasi teknologi digital dalam pembelajaran.