Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana Penggunaan Model
Pembelajaran Number Head Together Berbantuan Media Flash Card Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Pada SMK BM Budisatrya Medan
?”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa kelas X
Akuntansi 2 setelah diterapkan Model Pembelajaran Number Head Together
Berbantuan Media Flash Card di SMK BM Budisatrya Medan Tahun
Pembelajaran 2015/2016.
Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X akuntansi 2 SMK BM
Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang keseluruhnya berjumlah
32 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah Model Pembelajaran Number
Head Together Berbantuan Media Flash Card untuk meningkatkan hasil belajar
akuntansi siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian
tes untuk melihat hasil belajar siswa, serta lembar observasi aktivitas siswa selama
proses pembelajaran berlangsung.
Dari hasil observasi terhadap aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran
dengan menerapkan model pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan. Pada
tes awal terdapat 46,87% dengan nilai rata-rata 68,56 pada siklus I terdapat
43,75% dengan nilai rata-rata 68,12 sedangkan pada siklus II terdapat
93,75%dengan nilai rata-rata 92,66. Dengan demikian ada peningkatan hasil
belajar siswa secara signifikan dalam proses belajar mengajar pada Kompetensi
Bukti Transaksi. Berdasarkan hasil tes tersebut dapat disimpulkan bahwa Model
Pembelajaran Number Head Together Berbantuan Media Flash Card dapat
meningkatkan hasil belajar akuntansi seswa kelas X Akuntansi 2 SMK BM
Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.