Abstract:
Perkembangan teknologi memberikan pengaruh yang besar terhadap
perkembangan yang disebut media sosial. Terutama mendapatkan video dari
YouTube. YouTuber yang terindikasi banyak menggunakan gaya bahasa adalah
channel Youtube Kinderflix. Akun Kinderflix juga merupakan akun YouTube baru
yang berisikan konten edukasi untuk balita, menyiapkan berbagai konten yang
dapat membantu balita untuk belajar mengenali sesuatu. Tujuan dari penelitian ini
untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk penggunaan gaya bahasa video
pembelajaran bagi anak di Channel YouTube Kinderflix. Metode penelitian
menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk menghasilkan data deskriptif
dengan bantuan Semiotika Roland Barthes. Tekhnik pengumpulan data melalui
observasi dan dokumentasi dengan meng-capture scane konten. Dengan
menggunakan metode ini, peneliti mengamati dan menganalisis tanda kemudian
mendeskripsikan setiap makna yang ada dalam konten Kinderflix. Hasilpenelitian
menunjukkan bahwa video konten tersebut dinilai memiliki banyak konsep edukasi
di dalamnya. Menganalisis dengan mengkaji makna Denotasi dan Konotasi pada
Channel YouTube Kinderflix yang dalam kontennya memberikan pesan bahwa
ingin membantu tumbuh kembang di masa keemasan anak secara motorik, dengan
mendengarkan, berbicara, bergerak, hingga bernyanyi.