DSpace Repository

MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-HUSNA RIAU

Show simple item record

dc.contributor.author ASSILMI, HABIB HARIANSYAH
dc.date.accessioned 2024-07-09T02:40:47Z
dc.date.available 2024-07-09T02:40:47Z
dc.date.issued 2024-03-25
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24623
dc.description.abstract Manajemen kurikulum adalah suatu sistem pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komprehensif, sistemik dan sistematika dalam rangka mewujudkan ketercapaian tujuan kurikulum. Pelaksanaan manajemen kurikulum harus berkembang sesuai dengan konteks manajemen berbasis sekolah (MBS) dan kurikulum Tingkat satuan pendidikan (KTSP). Keberhasilan dalam penyelenggaraan lembaga pendidikan Islam akan sangat bergantung kepada komponen dari manajemen kurikulum pendidikan Islam seperti manajemen tenaga pendidik dan kependidikan, manajemen sekolah, manajemen mata pelajaran, manajemen jadwal mata pelajaran, manajemen pembiayaan, dan manajemen sarana prasarana. Komponen-komponen tersebut merupakan satu kesatuan dalam upaya pencapaian tujuan lembaga pendidikan, terutama pendidikan Islam yang berbasis Pesantren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu melakukan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan kategorisasi dan penafsiran data dalam bentuk naratif. Manajemen kurikulum dalam sistem pendidikan nasional merupakan suatu proses yang sangat komplek dan melibatkan berbagai komponen yang saling terkait dalam rangka mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Prosedur manajemen kurikulum terdiri dari perencanaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum, dan evaluasi kurikulum en_US
dc.subject Manajemen Kurikulum en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.subject Pondok Pesantren en_US
dc.title MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-HUSNA RIAU en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account