DSpace Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM RELIGIOUS HABITUATION DI SMP SWASTA NUR HASANAH

Show simple item record

dc.contributor.author DINGIN, SARI LUBIS
dc.date.accessioned 2024-07-05T03:40:09Z
dc.date.available 2024-07-05T03:40:09Z
dc.date.issued 2024-05-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24533
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui penerapan program pembiasaan keagamaan (religious habituation) pada karakter siswa SMP Swasta Nur Hasanah, (2) Untuk mengetahui hasil program pembiasaan keagamaan (religious habituation) pada karakter siswa SMP Swasta Nur Hasanah, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat program pembiasaan keagamaan (religious habituation) pada karakter siswa SMP Swasta Nur Hasanah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif penelitian ini termasuk kategori penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi Partisipasi Pasif, Wawancara, dan Dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Koleksi Data, Kondensasi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Simpulan penelitian ini adalah: (1) Penerapan program implementasi pembiasaan keagamaan (religious habituation) dalam pembentukan karakter siswa di SMP Swasta Nur Hasanah Berjalan dengan baik dan konsisten dilaksanakan pada setiap kegiatannya, yaitu semua siswa dibiasakan dengan pembiasaan keagamaan atau pembiasaan rutin yang dilaksanakan meliputi: doa bersama di pagi hari, membaca surah-surah pilihan, shalat duha berjamaah, hafalan surah-surah pendek, takhtim dan takhlil, dan baca dan tulis al-qur’an, (2) penerapan program religius ini cukup baik, ditandai dengan beberapa siswa yang mulai mengerjakan kegiatan-kegiatan ibadah yang dilakukan di sekolah di rumah ataupun diluar lingkungan sekolah, saling mengajak teman satu sama lain untuk mengerjakan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di sekolah, seperti kegiatan shalat dhuha berjamaah, mempunyai hafalan dari surah-surah pilihan, beberapa dari siswa yang awalnya masuk kesekolah tidak tahu baca al-qur’an menjadi mulai bisa mengenal huruf dan membaca al-qur’an perlahanlahan, (3) faktor pendukung tercapainya tujuan maksiamal dari program religius habituation di sekolah tersebut kekonsistenan guru dalam mendampingi siswa untuk terus melaksanakan kegiatan, faktor penghambat tercapainya tujuan maksimal dari program religius habituation di sekolah tersebut Kurangnya peran keluarga atau dukungan dari keluaraga tentang perkembangan anak di sekolah, kebanyakan dari xx siswa berasal dari keluarga yang kurang dalam menjalankan ibadah sehari-hari di rumah, Dalam agama islam kita meyakini bahwa salah satu tanda baiknya agama seseorang adalah dari cara ia mengaplikasikan agama kedalam kehidupannya. en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Pembiasaan en_US
dc.subject Program en_US
dc.subject Religious Habituation en_US
dc.subject SMP Swasta Nur Hasanah en_US
dc.title IMPLEMENTASI PROGRAM RELIGIOUS HABITUATION DI SMP SWASTA NUR HASANAH en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account