Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Ak
SMK YASPI Labuhan Deli Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK YASPI Labuhan Deli Medan yang
beralamatkan di Jalan Yos Sudarso,KM 16,8 Titi Papan,Medan Deli Kota Medan
Sumatera Utara. Populasi yang digunakan adalah kelas X Ak1 dan X Ak2 yang
berjumlah 99 orang siswa. Teknik pengumpulan Sample yang digunakan adalah
Total Sampling. Desain Penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control
Design. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis ini berbentuk essay test yang
berjumlah 8 soal.
Dari hasil analisis data posttest kelas Eksperimen adalah 83,88 dengan standar
deviasi 8,79 Sedangkan di kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran
konvensional diperoleh nilai rata-rata post-test adalah 78,1 dengan standar deviasi
8,44. Penelitian ini menggunakan uji F untuk mengetahui Homogenitas data.
Pengujian hipotesis menggunakan uji t dua pihak. Berdasarkan hasil perhitungan
Uji hipotesis harga thitung (3,35) dibanding ttabel (1,66071) pada dk = 49+50 = 99-2
= 97 dan taraf nyata α = 0,05 dengan kriteria pengujian thitung > ttabel maka Ho
ditolak dan Ha diterima.
Dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap
hasil belajar akuntansi pada pokok bahasan Jurnal Khusus siswa kelas X Ak SMK
YASPI Labuhandeli Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini membuktikan
bahwa Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Scramble
dapat meningkatkan hasil belajar Akuntansi siswa kelas X Ak SMK YASPI
Labuhan Deli Medan tahun pembelajaran 2016/2017.