DSpace Repository

MAKNA PERAN AYAH DALAM FILM PENDEK “BAPAK” KARYA PANIRADYA KAISTEMEWAN DENGAN “PULANG” KARYA KAI

Show simple item record

dc.contributor.author SEPHY ANANDA, GUSTY
dc.date.accessioned 2024-07-02T06:43:16Z
dc.date.available 2024-07-02T06:43:16Z
dc.date.issued 2024-05-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24437
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna peran ayah yang direpresentasikan dalam dua film pendek Indonesia, yaitu "Bapak" karya Paniradya Kaistemewan dan "Pulang" karya KAI. Dalam konteks sosial dan budaya Indonesia, peran ayah sering kali dipandang sebagai pilar utama keluarga yang bertanggung jawab atas kesejahteraan materi dan emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes. Roland Barthes mengembangkan teori semiotika yang kaya dan kompleks untuk mengkategorikan makna dalam teks dan media. Salah satu konsep utama Barthes adalah tatanan makna yang terdiri dari denotasi, konotasi dan mitos. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi berupa adegan yang mengandung makna peran ayah dan studi pustaka. Penulis melakukan analisis terhadap pemilihan gambar dan makna yang mengandung makna peran ayah yang ada dalam film pendek “Bapak" karya Paniradya Kaistemewan dan film pendek "Pulang" karya KAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua film secara konsisten menggambarkan ayah sebagai figur yang penuh dedikasi dan pengorbanan. en_US
dc.subject Makna Peran Ayah en_US
dc.subject Film Pendek en_US
dc.subject Semiotika Roland Barthes en_US
dc.title MAKNA PERAN AYAH DALAM FILM PENDEK “BAPAK” KARYA PANIRADYA KAISTEMEWAN DENGAN “PULANG” KARYA KAI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account