Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna peran ayah yang
direpresentasikan dalam dua film pendek Indonesia, yaitu "Bapak" karya Paniradya
Kaistemewan dan "Pulang" karya KAI. Dalam konteks sosial dan budaya
Indonesia, peran ayah sering kali dipandang sebagai pilar utama keluarga yang
bertanggung jawab atas kesejahteraan materi dan emosional. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland
Barthes. Roland Barthes mengembangkan teori semiotika yang kaya dan kompleks
untuk mengkategorikan makna dalam teks dan media. Salah satu konsep utama
Barthes adalah tatanan makna yang terdiri dari denotasi, konotasi dan mitos. Teknik
pengumpulan data melalui dokumentasi berupa adegan yang mengandung makna
peran ayah dan studi pustaka. Penulis melakukan analisis terhadap pemilihan
gambar dan makna yang mengandung makna peran ayah yang ada dalam film
pendek “Bapak" karya Paniradya Kaistemewan dan film pendek "Pulang" karya
KAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua film secara konsisten
menggambarkan ayah sebagai figur yang penuh dedikasi dan pengorbanan.