Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena risiko berpengaruh terhadap
penggunaan sumut mobile banking berupa terjadinya transaksi terdebet yang
terjadi akibat human eror atau sistem aplikasi yang mengalami gangguan dan
kemungkinan pembobolan akun yang terjadi akibat masuknya virus (malwere) ke
ponsel yang menyerang berbagai aplikasi dan salah satunya mungkin saja aplikasi
sumut mobile, hal tersebut menjadi salah satu alasan nasabah dalam
mempertimbankan menggunakan sumut mobile. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif dengan analisis kualitatif. Data penelitian ini
diperoleh melalui wawancara dengan narasumber yang merupakan karyawan
Bank Sumut sebanyak 4 orang. Berdasarkan hasil penelitian, peran humas telah
terbukti sangat efektif dalam meningkatkan program percepatan layanan publik
terkait digitalisasi di Bank Sumut. Tim humas memiliki peran penting dalam
merancang dan melaksanakan strategi komunikasi yang berhasil mempromosikan
inisiatif digitalisasi bank kepada masyarakat. Melalui kampanye-kampanye
pemasaran yang kreatif dan komunikasi yang transparan, humas telah berhasil
meningkatkan kesadaran dan penerimaan masyarakat terhadap layanan-layanan
digital yang ditawarkan oleh Bank Sumut. Dengan demikian, peran humas telah
terbukti menjadi salah satu pilar utama dalam kesuksesan program percepatan
layanan publik terkait digitalisasi di Bank Sumut