Abstract:
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar akuntansi siswa
dengan menerapkan Model Pembelajaran Make A Match dengan Menggunakan Media Flanel
Graf pada pokok bahasan jurnal penyesuaian di kelas X AK SMK Negeri 1 Medan. Dan untuk
mengetahui ada peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model
pembelajaran Make a Match dengan menggunakan media Flanel Graf di kelas X AK SMK
Negeri 1 Medan tahun Pembelajaran 2016/2017.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes (pretest dan Post test) yang terdiri dari 5
item soal uraian bebas dan observasi keaktifan siswa yang terdiri dari 8 pernyataan.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match
dengan Menggunakan Media Flanel Graf ternyata dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi
pada pokok pembahasan jurnal penyesuaian. Setelah mengamati hasil belajar dari tes belajar dari
tes awal (sebelum menerapkan model pembelajaran Make A Match) dari 38 siswa 12 yang
mampu memcapai KKM yang telah di tentukan. Setelah penerapan model pembelajaran Make A
Match dengan media Flanel Graf terjadi peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus I terdapat 16
orang siswa yang tuntas dan setelah siklus II menjadi 29 orang siswa yang tuntas, dengan
perolehan tingkat ketuntasan Klasikal 42,10% menjadi 76,32%. Ini berarti siswa sudah
mencapai nilai KKM yang diharapkan guru.