Abstract:
Peran public relations (PR) era digital menjadi sorotan yang sangat serius, tugas
pokok dan fungsinya juga dikhawatirkan bisa diambil alih oleh sebuah sistem di
era digital saat ini, dilain faktor peran PR juga diperkirakan akan efisien dan
efektif di era digital. Perseroan Terbatas Indosat Sumatera Utara (PT Indosat
Sumut) memberikan ruang untuk PR agar berperan dalam menjalankan program
Corporate Social Responsibility (CSR). Perseroan Terbatas Indosat Sumatera
Utara (PT Indosat Sumut) sudah lama berkontribusi untuk masyarakat melalui
program Corporate Social Responsibility (CSR). Era digital membuat PT Indosat
Sumut menjadi inovatif sehingga dapat menjawab persoalan dengan ide baru dari
sebuah program. program CSR di bidang pendidikan digital salah satu program
aspiratif dengan konsep hadap masalah (problem posing education) yang
diharapkan dapat mennyelesaikan seluruh persoalan era digital. Dio Saqib Arsalan
S.I.Kom. dan Indra Sukmana S.Sos. sebagai cluster sales executive memberikan
penjelasan yang cukup tentang program CSR di bidang pendidikan digital.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pengumpulan data
wawancara dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peran PR
sangat penting dan profesional namun harus lebih banyak lagi upgrade komptensi
hingga bisa beradaptasi dengan era digital. Program CSR yang dijalankan PT
Indosat Sumut sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat. PT Indosat Sumut
harus selalu merawat dan mengelaborasikan ide agar masyarakat lebih banyak lagi
paham mengenai dunia digital.