DSpace Repository

KINERJA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR (STUDI DI SMP NEGERI 5 SATU ATAP SITELLU TALI URANG JEHE PAKPAK BHARAT)

Show simple item record

dc.contributor.author RIA MANULLANG, JUNI MERY
dc.date.accessioned 2024-06-29T07:36:26Z
dc.date.available 2024-06-29T07:36:26Z
dc.date.issued 2024-03-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24343
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui kinerja sekolah dalam mengimplementasi merdeka belajar di SMP Negeri 5 Satu Atap Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat. 2) untuk mengetahui kendala kinerja sekolah dalam mengimplementasi merdeka belajar di SMP Negeri 5 Satu Atap Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat. 3) untuk mengetahui solusi mengatasi kinerja sekolah dalam mengimplementasi merdeka belajar di SMP Negeri 5 Satu Atap Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat. Metode penelitian adalah kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kinerja sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka belajar di SMP Negeri 5 Satu Atap Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat belum maksimal karena sebagian guru belum bisa beradaptasi dengan kurikulum merdeka belajar, modul ajar sudah tersedia namun belum ditemukan pelaksanaan pembelajaran berdifferensiasi meskipun kepala sekolah sudah merancang semua kegiatan sosialisasi, guru juga sudah menerapkan kurikulum Merdeka belajar di sekolah. 2) Kendala kinerja sekolah dalam impelmentasi kurikulum Merdeka belajar di SMP Negeri 5 Satu Atap Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat adalah sarana dan prasarana yang tidak lengkap, kemudian kurangnya sosialisasi dan pendampingan kurikulum Merdeka bagi guru-guru, kemudian kurangnya kemampuan pedagogik guru dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka belajar terutama terkait P5.Solusi Mengatasi Kinerja Sekolah Dalam Implementasi Merdeka Belajar di SMP Negeri 5 Satu Atap Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat adalah guru harus kompak dan memotivasi dirinya untuk lebih mengupgrade kemampuan diri, guru membutuhkan pelatihan, pendampingan kurikulum Merdeka belajar dan sarana dan prasarana perlu dilengkapi agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik. en_US
dc.subject Kurikulum en_US
dc.subject Merdeka Belajar en_US
dc.subject Kinerja Sekolah en_US
dc.title KINERJA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR (STUDI DI SMP NEGERI 5 SATU ATAP SITELLU TALI URANG JEHE PAKPAK BHARAT) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account