Abstract:
Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: “Apakah dengan
penerapan model pembelajaran dengan Modul Off Line berbantu Website dapat
meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK PAB 2 Helvetia Tahun
Ajaran 2016/2017?”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran
dengan Modul Off Line berbantu Website di kelas X SMK PAB 2 Helvetia Tahun
Ajaran 2016/2017.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes (pretes dan post tes),
observasi aktivitas siswa dan observasi guru. Tes adalah alat atau prosedur yang
dipergunakan dalam rangka pengukuran atau penilaian. Tes yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang diberikan kepada siswa yang berisi 5
soal yang berbentuk essay tes. Observasi yang dilakukan adalah observasi
aktivitas siswa yang digunakan untuk mengumpulkan data siswa dalam proses
belajar mengajar dan observasi aktivitas guru.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui tes dan observasi dapat
dilihat bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada tes awal (pre test)
presentase siswa yang tuntas 63% kemudian setelah dilakukan post test siklus I
presentase ketuntasan naik menjadi 71% dan pada siklus ke II mengalami
peningkatan menjadi 82%. Dengan demikian hipotesis penelitian yaitu “Ada
peningkatan hasil belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi di SKM PAB 2
Helvetia Dengan Penerapan Model Pembelajaran Dengan Modul Off Line
Berbantu WebsiteTahun Ajaran 20162017 diterima”.