DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction dengan Menggunakan Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah 22 Tembung

Show simple item record

dc.contributor.author Pohan, Siti Maisyaroh
dc.date.accessioned 2020-03-11T03:23:03Z
dc.date.available 2020-03-11T03:23:03Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2433
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Direct Instruction dengan menggunaan media PowerPoint terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah 22 Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah 22 Tembung. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas XI IPS tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling atau pertimbangan tertentu kelompok sampel sebagai kelas eksperimen adalah XI IPS A. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk uraian yang berjumlah 10 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan dengan menggunakan model Pembelajaran Direct Instruction dengan Menggunakan Media PowerPoint dilihat dari adanya perbedaan hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 90,41 lebih tinggi dibandingkan post-test kelas kontrol sebesar 81,89. Dari hasil analisis data post-test kelas eksperimen diperoleh mean 90,41 dan standar deviasi 11,4898. Sedangkan untuk data post test kelas kontrol mean 81,89 dan standar deviasi 12,64583. Penelitian menggunakan uji Liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil belajar. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan taraf nyata = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,3620 > 1,652yang artinya diterima yang berarti ada Pengaruh Model Pembelajaran direct instruction dengan Menggunakan Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah 22 Tembung Tahun Ajaran 2016/2017. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Direct Instruction en_US
dc.subject Hasil Belajar Akuntansi Siswa en_US
dc.subject PowerPoint en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction dengan Menggunakan Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah 22 Tembung en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account