Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dan
hasil belajar siswa kelas X SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Modul
spreadsheet terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi
SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan
Perak Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan populasi yang digunakan seluruh kelas
X yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah siswa 42. Dimana penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan satu kelas. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dengan jenis
kelas yang terdiri dari satu kelas atau total sampling. Instrument penelitian yang
digunakan adalah angket dan tes, yang terlebih dahulu diuji validitas dan
reliabilitasnya.
Dari analisis datasebelumdiberiperlakuandansesudahperlakuandiperoleh
mean sebelumperlakuan 57,12 danstandartdeviasi 10,70. Sedangkanuntuk data
sesudahperlakuandiperoleh mean
72,90danstandartdeviasi
10,88.
Sedangkandarianalisis data Pre-Tes dan Post Tes diperoleh mean Pre-Tes
60,12dan standart deviasi 15,63. Sedangkan untuk data Post-Test diperoleh mean
77,62 dan standart deviasi 17,91. Penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk
mengetahui normalitas data hasil belajar dan uji F untuk mengetahui homogenitas
data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = n-1
pada α = 0.05. Dan data perhitungan hipotesisuntukmotivasibelajar diperoleh
bahwa t hitung (25,95) > ttabel(1,683), yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dan
data perhitunganhipotesishasilbelajardiperolehbahwathitung (12,35)> ttabel(1,683).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan
Penggunaan Modul Spreadsheet terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa
kelas X SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pelajaran
2016/2017.