Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Akuntansi
setelah diterapkan model STAD dengan pemberian Reward and Punishment pada
siswa kelas X Ak tahun pelajaran 2016/2017 di SMK Swasta Harapan Stabat.
Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus
terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas X Ak di SMK Swasta Harapan Stabat, yang
berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar
Akuntansi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Data dianalisis
dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi
peningkatan persentase hasil belajar Akuntansi pada siswa kelas X Ak di SMK
Swasta Harapan Stabat. Berdasarkan hasil tes, pada siklus I rata-rata persentase
hasil belajar tuntas Akuntansi siswa sebesar 50% (kriteria rendah). Pada siklus II
rata-rata persentase hasil belajar Akuntansi siswa mengalami peningkatan menjadi
80.56% (kriteria tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan
penerapan model STAD dengan pemberian Reward and Punishment dalam
meningkatkan hasil belajar siswa akuntansi kelas X SMK Swasta Harapan Stabat
tahun pelajaran 2016/2017