Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media album foto
terhadap kemampuan berbicara oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Medan Tahun
Pembelajaran 2016-2017 yang berlokasi di jalan Letda Sudjono Ujung/ Benteng
Hulu Medan. Masalah dalam penelitian ini dibatasi pada berbicara satu arah dengan
metode ekstemporan yang dikaitkan dengan menggunakan media album foto terhadap
kemampuan berbicara dalam membawakan acara oleh siswa kelas VIII SMP Negeri
29 Medan Tahun Pembelajaran 2016 -2017. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017
yang berjumlah 78 siswa yang terdiri dari dua kelas. Sehingga diperoleh kelas
eksperimen, yaitu 39 siswa dan kelas kontrol 39 siswa. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan design posttest-only control,
yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mencari pengaruh antara dua variabel
dengan menggunakan satu kali pos-test. Instrumen yang digunakan peneliti untuk
mengukur keberhasilan media ini adalah observasi atau pengamatan langsung dan
dokumentasi. Kemampuan berbicara membawakan acara dengan menggunakan
media album foto pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 80,77. Nilai tertinggi
pada kelas eksperimen 94 yang dikategorikan sangat baik dan nilai terendah 61 yang
dikategorikan cukup. Sedangkan pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 72,51. Nilai
tertinggi pada kelas kontrol 94 yang dikategorikan sangat baik dan nilai terendah 55
yang dikategorikan kurang. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis, diperoleh
thitung =4,214 selanjutnya thitung dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikan α =
0,05 dk n1+ n2 – 2= 76 atau dk 39 + 39 - 2= 76, maka diperoleh ttabel = 1,667.
Dengan demikian dapat diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 4,214 > 1,667. Maka
Dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak dengan pengertian Ada Pengaruh
Media Album Foto terhadap Kemampuan Berbicara dalam Membawakan Acara oleh
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Medan Tahun Pembelajaran 2016 – 2017.