Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh
antara pelaksanaan kurikulum 2013 terhadap karakter disiplin siswa pada
pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah MTSN Pematangsiantar. Penelitian ini
menggunakan penelitian kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah
metode korelasional. Populasi adalah seluruh siswa-siswi MTSN Pematangsiantar
yang berjumlah 250 orang.
Pengambilan sampel 25% dilakukan secara acak (random sampling) yang
berjumlah 21 orang dari seluruh kelas VIII yang berjumlah 86 orang. Data yang
diperoleh dianalisa dengan menggunakan teknik analis yang terdiri dari uji
validitas, uji reabilitas, uji hipotesis, dan uji linieritas, setelah itu diolah koefisien
determinasi. Hasil menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (0,653 >
0,632), dengan Taraf signifikan 5% dengan N = 21 adalah 0,632. Artinya terdapat
hubungan pelaksanaan kurikulum 2013 terhadap karakter disiplin siswa pada
pembelajaran Aqidah Akhlak di MTSN Pematangsiantar